back to top
back to bottom

Friday, May 17, 2013

Cara Sharing File Komputer


Cara Sharing File Komputer  Pictures
Bertemu lagi bersama kami Congkel.com, kali ini Congkel.com akan membagikan sedikit Tips Cara Sharing File Komputer. Sebelum masuk ke langkah-langkah settingannya, ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang pengertian computer dan jaringan.
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Sedangkan kata Komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalahagar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang menerima layanan disebut klien (client) dan yang mengirim layanan disebut peladen (server).
Sharing data sendiri dapat dilakukan melalui suatu jaringan, baik jaringan yang memakai kabel maupun jaringan tanpa kabel. Namun pada postingan kali ini kami hanya membahas tentang sharing file dari satu komputer ke komputer lainnya.
Baiklah, berikut ini adalah Tips Cara Sharing File Komputer dengan langkah-langkahnya :
1. Tentukan folder mana yang ingin anda bagikan kepada computer lainnya. Kemudian klik kanan pada folder tersebut, pilih Properties
2. Kemudian pilih tab Sharing. Lihat kebagian agak bawah lagi lalu pilih Advance Setting.
3. Beri tanda centang pada pilihan Share this folder. Lalu klik OK.
4. Masuk ke Control Panel, pilih windows firewall dan matikan windows firewall.
5. Masuk ke command prompt melalui Run. Tekan Tombol Windows + R, lalu ketikkan cmd.
6. Di jendela command prompt, ketikkan ipconfig. Maka akan muncul alamat IP computer kita.
7. Jika computer lain akan mengkopi atau menyalin file di computer kita, maka computer lain harus mengetikkan double backslash dan diakhiri dengan alamat IP computer kita melalui menu Run. Misalnya adalah: \\192.168.1.2

0 comments:

Post a Comment