back to top
back to bottom

Thursday, May 16, 2013

alasan dibuatnya taman gantung babylonia


Menurut cerita,taman gantung babylonia mulai dibangun sejak abad ke 5SM.pada saat itu yang menduduki pemerintahan di babylonia adalah seorang ratu yang bernama Ratu Semiramis.akan tetapi ada yang mengatakan taman itu telah dibangun sebelumnya yaitu sekitar 7 abad sebelumnya.
walaupun demikian Raja Nebukadnezarlah yang lebih dikenal sebagai Raja pembangun karya monumental tersebut.memang pada masa pemerintahan raja Nebukadnezar kerajaan babylonia mengalami puncak kejayaana
alasan Raja Nebukadnezar membuat taman gantung babylonia adalah bentuk cinta dan kasihsayang terhadap istrinya yang bernama Amytis sekaliagus sebagai pengobat rindu sang istri kepada kampung halamannya`
permaisuri Amitis berasal dari tanah persia dan daerah persia terkenal akan keindahan alamnya.setelah ia menikah dengan Raja Nebukadnezar ia selalu murung karena melihat alam babylonia yang amat berlainan.
mula-mula Raja membuat bukit yang memiliki teras-teras.tiap teras ditanami dengan aneka tumbuhan dan sela-selanya juga ditanami bbungaan.menurut cerita,bukit itu diusahakan mirip dengan gunug yang rimbun. taman tersebut dilengkapi pula dengan kompleks istana yang konstruksinya juga berteras-teras,selain itu dinding istana terkenal akan kekokohannya.
sebagai sebuah taman,maka sangat tergantung oleh cuaca dan keadaan tanah yang subur.itulah sebabnya mengapa |Raja membangun tempat penampungan yang dapat mengalirkan air dari puncaknya.
air itu didapat dari sungai Eufrat yang dipompa oleh budak-budak istana.semua itu dilakukan agar tanah senantiasa subur,sehingga tanam-tanaman dapat tumbuh dengan subur.untuk keperluan inipun Raja membuat saluran-saluran tiruan dan pancuran-pancuran air.
setelah taman Babylon terwujud,bukan main girangnya hati sang permaisuri setiap kali iaberjalan dan menikmati keindahya.

0 comments:

Post a Comment